5 Cara Mengembangkan Bisnis Salon Kecantikan untuk Pemula

Salon merupakan salah satu peluang usaha yang terus berkembang seiring waktu. Tidak hanya kaum Hawa yang identik dengan perawatan kecantikan, tetapi para Adam juga menginginkan penampilan yang maksimal. Buat Anda yang ingin mengembangkan bisnis salon kecantikan, maka wajib mempertimbangkan perencanaan yang lebih matang. Salah satu inovasi layanan yang bisa meningkatkan perkembangan bisnis salon adalah Anda harus memiliki aplikasi salon kekinian.

Kiat Penting Membuka Bisnis Salon Kecantikan

Segmen pasar salon kecantikan tidak hanya membidik remaja yang ingin tampil lebih percaya diri, tetapi wanita dewasa bisa melakukan perawatan di salon guna menunjang penampilan di depan pasangan. Bila Anda punya segmen pasar yang potensial, misalnya lokasi salon yang berdekatan di tempat umum seperti sekolah, kampus, kantor dan lain-lain, maka perhatikan beberapa kiat penting dalam membuka bisnis salon kecantikan sebagai berikut :

1. Menentukan jenis layanan lebih dulu

Memang lebih baik membuka salon bagi orang yang punya pengalaman atau keahlian khusus di bidang perawatan kecantikan, tapi Anda yang minim pengalaman pun bisa terjun ke bisnis ini. Bila Anda tidak menguasai keahlian pelayanan salon dengan baik, maka bisa merekrut tim yang memiliki keahlian tersebut.

Tentukan jenis layanan yang ingin diutamakan lebih dulu mengingat salon Anda masih berkembang dari nol. Jenis layanan potong rambut, creambath, smoothing, rebonding, dan lain-lain harus ditangani hair stylist terbaik. Peningkatan layanan yang lebih rumit untuk pewarnaan rambut, facial, masker, medicure dan pedicure, spa, atau layanan lain bisa Anda tambahkan seiring salon yang terus berkembnag.

2. Perencanaan bisnis

Salon kecantikan ada banyak di luar sana sehingga Anda perlu menyusun perencanaan bisnis lebih matang. Lakukan riset mengenai kompetitor, kemudian Anda wajib memikirkan konsep salon yang unik, layanan yang menarik, segmen pasar terbaik, lokasi, perlengkapan, pembiayaan, supplier produk kecantikan, dan perencanaan penting lain.

3. Menentukan biaya pembuatan dan pengembangan salon

Pastikan Anda punya rincian biaya untuk membuat salon di tempat yang memiliki lokasi strategis. Apakah Anda akan menyewa ruko atau memiliki bidang lahan sendiri, kemudian buat rincian pembangunan atau renovasi salon. Jangan lupa anggarkan biaya untuk kebutuhan beli peralatan salon, beli produk kecantikan, menggaji SDM sebelum salon berkembang dengan optimal, dana darurat, dan sebagainya.

4. Strategi pemasaran yang apik

Salon kecantikan yang sudah dilengkapi peralatan dan perlengkapan yang memadai, bahkan didukung software klinik yang bagus tidak akan berhasil bila Anda tidak menentukan strategi pemasaran yang jitu. Perkenalkan salon kecantikan Anda dengan membuat promosi offline dan online, ya!

Anda bisa meningkatkan peminat datang ke salon dengan membuat program promo grand launching salon kecantikan tersebut. Membuat iklan yang menarik, branding perusahaan, pemberian pelayanan yang memuaskan, atau hadiah untuk setiap paket pelayanan salon tertentu, kenapa tidak?

5. Atur keuangan dengan optimal

Tips terakhir untuk membangun dan mengembangkan salon bagi pemula adalah mengatur keuangan perusahaan. Anda harus punya sistem keuangan yang baik mulai membuat pembukuan yang mencatat kas masuk dan keluar, mengecek persediaan produk kecantikan, mengatur hutang ke suplier, dan sebagainya. Pembukuan yang detail dan rinci akan mendukung bisnis salon Anda berkembang lebih optimal kemudian hari.

Untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis salon, maka perlu langganan aplikasi salon. Adanya fitur booking online yang memudahkan pelanggan untuk membuat janji temu, fitur pengingat yang bisa menekan risiko pelanggan melakukan pembatalan reservasi, peningkatan retensi pelanggan setia, mengelola manajemen pegawai, manajemen operasional usaha, dan masih banyak fitur menarik dari Zenwel yang wajib Anda coba. Zenwel sebagai software reservasi jasa kecantikan nomor satu di Indonesia, Anda yakin tidak ingin daftar sekarang juga?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.