Rekomendasi 8 Makanan Untuk Tipes Mempercepat Proses Pemulihan – SehatQ

Selain minum obat dari dokter, penderita tipes tidak boleh konsumsi makanan sembarangan. Ada makanan untuk tipes yang baik dan bisa mempercepat pemulihannya. Pada umumnya, makanan yang dianjurkan adalah sayuran hijau, madu, ikan, yogurt, dan sebagainya. 

Penderita tipes harus mengatur makanan dan minuman yang ahris dihindari selama proses pemulihan. Tujuannya supaya proses penyembuhan bisa berlangsung dengan cepat. Lalu, makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh penderita tipes. 

 

Rekomendasi Makanan untuk Tipes Mempercepat Pemulihan

Sama dengan penyakit lainnya, penderita tipes juga harus memperhatikan makanannya. Mereka hanya boleh konsumsi makanan untuk tipes yang bisa mempercepat pemulihan. Apa saja makanannya? Berikut ulasannya. 

Makanan lunak

Rekomendasi makanan pertama untuk penderita tipes adalah makanan lunak. Pasalnya sistem pencernaan pada penderita tipes kurang baik. Oleh karena itu, makanan lunak bisa meringankan sistem kerja pencernaan. 

Bukan hanya itu saja, makanan lunak juga memiliki manfaat untuk menghindari komplikasi tipes. Seperti pendarahan pada usus atau perforasi usus. Bubur adalah contoh makanan lunak yang bisa dikonsumsi penderita tipes. 

Makanan tinggi karbohidrat

Penderita tipes juga harus makan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. Ada banyak contoh makanan dengan tinggi karbohidrat dan mudah dicerna. Seperti telur rebus, kentang panggang, bubur, dan sebagainya. 

Makanan tinggi kalori

Selain makanan tinggi karbohidrat, penderita tipes juga memerlukan makanan tinggi kalori. Konsumsi makanan tersebut bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Selain itu, makanan tinggi kalori juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penurunan berat badan secara drastis. Adapun contoh makanannya adalah roti, pisang, kentang rebus, dan sebagainya. 

Makanan tinggi protein

Makana yang baik untuk penderita tipes adalah makanan yang tinggi protein. Protein bermanfaat untuk sumber tenaga dan juga sebaga zat pembangun yang bertugas untuk memelihara jaringan yang rusak. 

Selain itu, protein untuk penderita tipes juga berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Adapun contoh makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur, hati, daging ayam, tahu, dan tempe. 

Makanan rendah serat

Pederita tipes dilarang konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Penyebabnya makanan tinggo serat sangat sulit dicerna  sehingga bisa saja menyebabkan usus menjadi iritasi yang parah. 

Pilih makanan yang seratnya rendah. Seperti pisang, tomat tanpa kulit, buah alpukat, kentang tanpa kulit, dan sebagainya. 

Makanan olahan susu

Susu merupakan minuman yang mengandung protein. Jadi, penderita tipes bisa makan makanan olahan susu. Contoh makanan olahan susu adalah yogurt dan keju. Kedua makana tersebut sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan dibandingkan sumber protein lainnya. Sehingga keju dan yogirt termasuk makanan yang baik untuk penderita tipes. 

Cairan 

Selain makanan, ada satu yang tidak boleh terlewatkan oleh penderita tipes, yaitu cairan. Meski bukan termasuk makanan, penderita tipes harus mencukupi cairan di dalam tubuhnya. 

Cairan tersebut sangat penting. Pasalnya salah satu gejala tipes adalah diare yang bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, untuk mengembalikan cairan dalam tubuh, harus minum minimal 6 sampai 8 gelas sehari. 

Suplemen 

Selain makanan dan minuman yang baik penderita tipes. Jika memungkinkan bisa minum suplemen yang bisa dipesan di toko SehatQ. Toko online yang menyediakan berbagai macam suplemen dan obat untuk berbagai penyakit. Bisa juga konsultasi tentang suplemen yang tepat untuk penderita tipes. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk tipes. Makanan dan minuman yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Jika membutuhkan konsultasi maka bisa memakai SehatQ. Website kesehatan yang menyediakan berbagai macam solusi kesehatan, tanya dokter, dan sebagainya. 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.